Monday, December 11, 2017

Dramatic Sunset di Candi Ratu Boko



Indahnya sunset di candi Ratu Boko -  Jika kita mengenal Candi Prambanan dan candi Brorobudur sebagai situs arkeologi berbentuk candi, sebenarnya candi Ratu boko  adalah bekas komplek istana megah dan sangat luas diatas bukit, yaitu ±250.000 m².  Sebagai sebuah komplek istana yang megah, candi Ratu boko memiliki segala komponen sebuah istana, ada gapura yang sangat megah, Pendopo, tiga balai pertemuan sebagai tempat berkumpul sesuai dengan kasta masyarakat saat itu, lapangan yang luas, tiga kolam pemandian, candi Keputren, candi pembakaran (untuk membakar mayat), dan goa sebagai tempat menyepi.
Romantisme dan kemegahan


Keindahan, kemegahan, sejarah dan nuansa spiritual bersatu disini.  Begitu matahari mulai memerah diatas perbukitan sebelah barat komplek istana, sayup – sayup kita dapat mendengar gamelan dan suara merdu sinden yang mengalun dari segroup seniman Jogja di kaki Gapura.  Duduk tenang dilapangan berumput, menonton dramatisnya matahari jatuh kedalam ceruk perbukitan.  Siluet gapura dan siluet orang-orang yang berjalan keluar masuk gapura menjadi moment yang sangat berharga untuk diabadikan.
Man in frame 
Banyak nya orang yang berlalu lalang bisa dijadikan model gratis untuk mempermanis hasil jepretan, maka jangan lupa isi penuh batrai gadget kita sebelumnya.  Banyak photographer yang siaga dengan kamera dan tripodnya namun juga ada orang yang khusuk menikmati matahari yang jatuh berlahan.  Ada banyak abg yang berfoto dengan gaya yoga ala-ala.  Tapi ada juga sekelompok mbak-mbak cantik yang yoga beneran.  Begitu ringkasan suasana dramatis di istana atau sering juga orang menyebutnya candi Ratu Boko.
Oh iya, harga tiket masuk untuk kita wisatawan dalam negeri Rp. 40.000 dan Rp. 400.000 untuk wisatawan mancanegara.  Dengan membayar tiket seharga itu kita sudah dapat menikmati kemegahan komplek istana yang terawat, rapi dan bersih ini.   Sayangnya pengelolaan yang bagus oleh pengelola masih terkotori tangan-tangan vadalist, ada beberapa bagian dari batu candi dan dinding goa yang di coret-coret #disitu kita merasa sedih.



No comments:

Post a Comment

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...