Friday, December 8, 2017

10 Info untuk Traveling ke Kepulauan Kei


Liburan sampe item #tolong baca exotic
Liburan ke Kepulauan Kei - Sebenarnya ini catatan gw sebelum berangkat ke Kei September kemaren, dan ditambah – tambah dikit lah sama pengalaman disana selama 10 hari.  Sebagai orang yang keberaniannya maju mundur cantik dan gampang galau gw harus banget mempersiapkan informasi tentang tempat yang akan gw kunjungi.

So, let’s talking about Kei Islands

'Dimana Kepulauan Kei ?
Kepulauan Kei
Jadi kepulauan Kei itu terletak di Provinsi Maluku, tepatnya di Maluku Tenggara.  Udah masuk ke dalam wilaya laut Wallacea di bawa paru Papua.  Kalau dilihat dari peta apalagi digoogle map sih ga keliatan sebelum di zoom maksimal.  
Kepulauan Kei terdiri dari beberapa pulau berpenghuni dan cukup luas, seperti Kei Besar, Kei Kecil, Pulau Dulah, Tanimbar Kei, Kuur, Taam, dan Tayandu serta beberapa pulau kecil lainnya.


'Gimana caranya mengunjungi  Kepulauan Kei ?
Melelahkan! Pokoknya melelahkan #batal traveling.  Tapi mumpung masih muda, kamu harus banget kesini, kalau engga malang bener perjalanan idupnya, seumur idup cuma tau jalan anatara rumah dan kantor #gw dulu pernah diginiin orang #dendam itu dosa.

Senja di Laut Wallacea

Asumsi  kamu dari Jakarta :
Flight Jakarta – Ambon  ± 3 jam dan 30 menit , ambil flight terpagi.  Banyak maskapai yang melayani rute Jakarta - Ambon
Flight  Ambon – Kei (Bandara Langgur) ± 1 jam 30 menit,.  Hanya ada dua maskapai yang melayani rute Ambon – Kei, yaitu Garuda dan Wing Air, at least tahun 2017 ini.

Nah, sekarang kamu sudah ada di kepulauan Kei.  Untuk transportasi dari bandara menuju hotel, kamu bisa sewa ojeg jika sendirian.  Sewa ojegnya tinggal di nego saja. Kemaren gw pake ojek nya bang Hamzah.  Pas mau pulang Karena penerbangan gw jam 05:10 gw telpon dia lagi, gw berangkat jam 03:30 dari hotel.  Orang nya baik banget dan ga genit #aman lah untuk cewek – cewek solo traveler.   Kalau  kamu datang ramean, tentu lebih irit jika sewa mobil.


'Gimana cara berwisata di Kepulauan Kei ?
Tempat wisata di Kei itu rata-rata tidak dipungut biaya masuk, gratis! Tapi tidak ada angkutan umum yang bisa diandalkan untuk berwisata di Kei.  Angkutan umum rata-rata beroperasi sampai jam 15:00 saja.  Jadi satu – satunya cara untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di kei adalah dengan menyewa kendaraan.  Jika kamu solo traveling, kamu bisa sewa moto dari penginapan tempat menginap, atau jalin komunikasi yang baik dengan tukang ojeg, dan sewa dia seharian untuk nganterin kemana kamu ingin blusukan.  Jika mengutamakan kenyaman, kamu juga bisa sewa mobil dari penginapan atau minta bantuan mereka untuk  carikan mobil sewaan.  
Karena wilayah Kei adalah kepulauan,  maka untuk hopping islands kamu harus sewa speed boat.  Namun untuk ke pulau – pulau besar di kepulauan Kei  seperti Tanimbar Kei, Tayando dan  Kei Besar ada kapal angkut kayu (mesin temple) yang beroperasi sekali dalam sehari.  Untuk jadwal keberangkatannya menyesuaikan dengan pasang air laut, mereka menyebutnya meti.  Jadi tidak ada waktu yang baku untuk kapal angkut ini.


'Berapa lama idealnya untuk wisata di Kepulauan Kei ?
Jika kamu benar – benar ingin mengunjungi semua wilayah dikepulauan Kei, tentu waktu dua mingggu tidak cukup.  Namun jika igin mengunjungi tempat –tempat yang sudah mainstream dan punya keterbatasan cuti, 5 – 6  hari sudah cukup, asal kamu bisa memaksimalkan waktu dengan itin yang cocok.
 

'Apa yang bisa dilakukan di Kepulauan Kei?
Santai di Ngurtavur
Duh banyak ya, kamu bisa kawin juga kok di Kei #turn off paket data.  Wisata dominan di Kei adalah pantai-panai yang cantik, pasirnya halus, kontur pantainya landai, underwater yang cukup bagus (sedikit rusak karena di bom nelayan), jadi tentu mengunjungi pantai-pantai cantik, snorkeling adalah wajib.  Selain itu ada juga wisata  budaya  seperti wisata ke desa banda Eli dan Tanimbar Kei.  Tempat-tempat yang wajib dikunjungi jika datang ke Kepulauan Kei dapat dibaca DISINI


'Kapan waktu terbaik mengunjungi di Kepulauan Kei ? 
Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kepulauan kei adalah Maret – Juni dan Agustus – Oktober.  Selain bulan tersebut, gelombang laut mengambil kendali di kepulauan Kei.  Khusus di pulau Tanimbar Kei, gelombang laut bisa sampai empat meter #berani?


'Dimana Penginapan yang Recomended?
Ini relative sih ya, tergantung budget, jika kamu cukup tajir untuk foya – foya manja  ada beberapa hotel di Tual atau kamu bisa sewa resort.  Jika ingin menginap dengan suasana Kei yang sesungguhnya, kamu bisa menginap di :
-          Coaster cottage di pantai Ngurbloat
-          Delima Bunggalow di  pantai Ngurbloat
-          Savana cottage di pantai Ngurbloat
-          Penginapan Evalyn di pantai Ngurbloat
-          Ohoi Ew country cottage di ohoi ew
-          Rumah pejabat desa di Tanimbar Kei
  
Resort Ohoi Ew
Rata – tata harga sewa penginapan budget dikepulauan Kei berkisar 200.000 – 400.000 permalamnya.  Jika kamu menginap di daerah wisata yang jauh dari kota seperti  pantai Ngurbloat, sebaiknya pesan penginapan sekalian minta pihak penginapan menyediakan makanan juga, karena tidak ada warung nasi, restoran atau kafe disikitar sini.  Biasaya tarif untuk tiga kali makan sebesar 120.000,-

'Apa kuliner favorit Kepulauan Kei?
Embaaaal.   Iya embal adalah makanan pokok masyararakat Kei.  Dibuat dari Ubi beracun (mengandung sianida) yang disebut kasbih.  Namun setelah dibuang racunnya, embal dapat diolah menjadi makanan pokok (kasuami) dan berbagai macam jajanan lainnya.  Bahkan saat festival METI KEI 2017 kemaren, mereka meng-klaim embal bisa diolah menjadi 400 jenis makanan.  Diantara olahan embal yang paling cocok dengan selera Jakarta kita adalah pisang goreng embal.
Pisang goreng embal

Selain olahan embal, kamu juga harus mencoba yang namanya siput.  Olahan siput laut dengan kuah kari yang berbumbu rempah – rempah karee dan kacang.  Enak banget.  Selain itu juga ada sayur campuran daun singkong dan bunga papaya disebut sayur SIR-SIR.  Lalu LAD, yaitu urap rumput laut mentah, segar berwarna hijau dengan bulir- bulir kecil.  Yang satu ini wajib, katanya ga ada selain di Kei.  Ikan kombu asap juga enak, dimakan dengan nasi hangat atau kasuami.

Siput bumbu karee

Sir - Sir, enak ga pahit

Lad, seger banget

Ikan Komu asap, fresh from the sea

Sambal colo - colo dan air jeruk
Jika kamu menginap dipenginapan, kamu bisa pesan makanan sekalian,  dengan membayar 120.000,- kamu sudah dapat makan dengan berbagai makanan khas Kei ini.  Atau jika kamu menginap di hotel yang dekat kota, kamu bisa beli makanan di cafĂ©, warung padang atau nasi atau food street lainnya.

Oh iya, ada satu restoran khas makanan laut segar di Kei yang sangat wajib kamu cobain, restoran VAGANZA, selain menu diatas tadi kamu bisa pesan ikan tri basah ditepungin disini.  Enak banget.

View dari cafe Saraba
Tempat nongkrong yang kece bisa di kafe Saraba dekat jembatan Watdek atau kafe Abu Nawas.  Bangunan nya sederhanan tapi menghadirkan suasana yang indah untuk sekedar menikmati kopi dan sepiring pisang goreng embal.


'Berapa budget untuk wisata di Kepulan Kei?
Pesawat  Jakarata – Ambon PP (work day atau long weekend sangat berpengaruh)
Pesawat Ambon – Langgur PP (work day atau long weekend sangat berpengaruh)
Rental motor / mobil   (rata – rata motor 150.000 sehari dan mobil 700.000 sudah include driver dan BBM)
Rental speed boat (ini emang mahal banget, satu hari bisa 2.500.000), jadi emang lebih enak share dengan orang lain.
Penginapan  (kamu bisa tentuain mau penginapan budget atau hotel dan resort)
Makan  (120.000, - untuk 3 x makan, jika mau nongkrong dan icip – icip di resto mungkin akan lebih mahal).
Kamu bisa menghitung sendiri budget traveling mu ke Kei, silahkan cocokkan dengan gaya traveling kamu.  So hidup itu ga mahal, yang mahal adalah gaya traveling #kalau gw gaya musafir :D



'Dimana spot foto yang instagramable?
Baper ga sih kamu? gw iya #jujur lebih baik

Setiap sudut di Kei itu menarik untuk di foto.  Tapi foto sunset dan siluet di pantai Ngurbloat pasti keren dan unforgetable, foto pantai yang mengular di Ngurtavur itu Sesuatu, foto memanjat dinding karang menyusuri goa Luvat di Ohoidertavun itu epic.  Jangan lupa foto bareng dengan Pelican di pantai Ngurtavur, pantai Ngav dan Ngodan.  Ngambang – ngambang atau pakai floaties di goa Hawang dan pemandian Evu juga wajib.  Berfoto dengan rumah tradisional dan babi – babi berkeliaran di Tanimbar Kei juga wajib.  Dan jangan lupa nongkrong di kafe SARABA di sisi jembatan Watdek.  Diseberangnya ada kampung Pelangi dan Merah Putih.  Instagramable pokoknya.

I love Kei
Bair dan YTR, adalah gugusan tebing karang yang disebut – sebut the Litle Raja Ampat.  Ini list wajib untuk berfoto, tapi jika ingin dapat foto yang bagus kamu harus mau naik ketebing – tebing karang nya.  Tho untuk dapat foto indah di Misol kamu juga harus tracking kan ya #hiks gw belum sampai ke Misol. 

Semoga tulisan ini bisa membantu kamu yang lagi berencana mau liburan ke Kepulauan Kei.

No comments:

Post a Comment

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...