Tuesday, December 5, 2017

Berenang Bareng Hiu di Karimun Jawa

Beda bahagia sama norak itu emang tipis, inilah sepasukan pemburu hiu


Berenang Bareng Hiu di Karimun Jawa - Seminggu sebelum berangkat ke Karimun Jawa gw udah mulai pamer di path #belum bisa tobat dari kenorakan.  Hightlight yang gw tunggu-tunggu dan gw sebut - sebut  adalah berenang bareng hiu  dan makan sekenyang-kenyangnya di alun-alun.

Jadi begitu sampai di pelabuhan Karimun Jawa, dan dijemput bang Bram gw langsung bawel ke dia. “kapal buat besok udah siap kan bang?”  Ya elah, masih besok padahalnya yak, tapi begitulah.  Untung bang bramnya sabar dan baik banget, jadi dia sabar banget jawab segala kenorakan gw dan dikasih kamar yang dekat ke dermaga di bunggalownya pula, viewnya juara.  Mangrove Inn, itu nama penginapan bang Bram, asli enak banget nginap disini, dia punya dermaga sendiri gitu, jadi kalau mau naik kapal snorkeling bisa langsung dari Mangrove Inn, dan malam-malam juga enak duduk-duduk manja di dermaga menghitung bintang.  

Dermaga Mangrove Inn

Senja di dermaga Mangrove Inn
Hari  pertama di Karimun Jawa itu gw  jalan – jalan cantik aja di pantai, eh ke hutan mangrove juga ding, manjat-manjat sampe puncak menaranya, trus main ayunan sampe kisut dipantai Annora.  Malamnya  begadang di alun-alun sampe kang dagangnya pada nutup. 

Main dipantai Annora sampai kisut

Yoga di Annora,  gw jadi kang poto ajaan nih


Gw cobain hal-hal yang perlu dicoba di alun-alun Karimun, ada baso ikan (biasa aja sih rasanya karena gw udah sering makan tek wan), selang sepuluh menit gw pesan seporsi kerang campur-campur tumis kuning, dicocol pake saos nanas, wuiih asli enak.  Bahkan saking gila makan, sampai gw ga punya foto-fotonya #khusuk makan.  Masih makan kerang lalu gw pesan ikan KAKATOA bakar bumbu kecap, sepiring cumi goreng tepung dan udang asam manis.  Gw kalap berdua sama teman gw yang peduli sangat dengan berat badan, jadi sepanjang makan itu dia istigfar terus-terusan.  Entahlah, entah apa korelasi antara berat badan dengan istigfar.  Yang jelas kecepatan dan kekalapan dia dan gw sama aja, Cuma gw ga kepotong waktu istiqfar.  Sambelnya juara pedas nya bikin dower, padahal udah pesan level sedang.  Semakin kepedasan semakin asyik dan berakhir dengan dua gelas es jeruk #segelas baru nyicip #kebangetan emang.
Dibakar bumbu kecap, gw lupa tuh kalo gw jomblo :P

Oh iya, es jeruk di Karimun Jawa itu beda sama es jeruk Jakarta-an.  Jeruknya jeruk nipis, jadi segernya itu beda, ada sensasi kecut - kecutnya.  Lumayan lah menetralkan berbagai  jenis sea food di lambung.  Kenyangnya maksimal.

Udang bakar euy


Kakatoa bakar bumbu kecap


Endesss abeees

Besoknya.  Ini sih yang bikin penasaran dan gw tunggu-tunggu. Berenang bareng hiu.   Gw yang anaknya ga nyunah ini, masih suka mendengkur habis subuh tapi hari ini niat banget ga tidur lagi. 
“jam enam besok kita sudah harus berangkat ke Menjangan Besar melihat penangkaran hiu, biar pulangnya masih dapat mampir di gusung”.
Begitu ultimatum bang Bram.


Pulau Karimun dari menara hutan mangrove
Singkat cerita gw sampai juga di penangkaran hiu pulau Menjangan Besar.  Apaan, katanya baby hiu, katanya hiunya jinak, katanya hiu-hiu dipenangkaran itu ga agresif.  Lu tau ga sih, begitu si bapak penjaganya lemparin ikan kedalam kolam penangkaran, selusin lebih hiu sepanjang badan gw beringas berloncatan rebutan ikan.  Gw langsung lemes meluk tiang.  Kebayang aja kan gw mati dicabik-cabik dengan status belum pernah kawin.  Gw pastiin gw ga akan turun, cukup gw dikibulin dengan kata-kata manis berenang bareng baby shark.

Hiu nya ganteng - genteng, bikin gw gemetaran

“mereka belum sarapan, nanti kalau sudah pada kenyang juga tenang”  kata bapak penjaganya.  Okeh.  Gw nungguin sampai setengah jam menyaksikan keberingasan hiu – hiu ABG itu makan.  Sibapak penjaga kasih makan sambil atraksi gitu.  Ikannya diikat diujung tali kail yang ga da mata pancingnya trus dicelupin dikit ke air lalu diangkat lagi, hiunya makin beringas dan gw makin kenceng meluk tiang.

Nah lh, tambah banyak datangnya
Lama-lama emang kalem juga mereka.  Dan si bapak penjaga mencontohkan bagai mana tata cara face to face dengan si hiu ABG.

“kudu turun pelan-pelan, jagan banyak bersuara, jangan bergera terlalu banyak, jari tangan jangan sampai berada dalam air, yang lagi haid ga boleh masuk kolam penangkaran, kalau bersentuhan dengan mereja jangan panik”.
Tambah deket aja, kencing dah dicelana
Oke, demi eksistensi gw yang terlanjur pamer di path, gw nahan nafas masuk penangkaran hiunya.  Ngilu karena takutnya sampe ke tengkuk.  Awalnya gw sempat minta digandeng bapaknya masuk penangkaran #murni bukan modus #sayangnya di tolak.  Maka jadilah foto-foto yang terlihat sangat berani itu, sedangkan saat proses pengambilannya tersimpan berbagai aib.



No comments:

Post a Comment

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...