Sunday, April 29, 2018

Transportasi Umum Menuju Danau Toba ( Pulau Samosir )

Selamat datang di pulau Samosir
How to visit Samosir Island ? -  Jarak kota Medan ke danau Toba itu 200km, kalau lewat Berastagi, jalanannya berkelok – kelok macam penantian.  Bisa juga lewat parapat, tapi jalannya ga seindah pangururan, kebun sawit dan karet kabeh.  Kalo naik pesawat, ah nanti aja dibahas diakhir, mahal #bikin bankrupt.  

“Paling cepat perjalanannya bisa eenam jam.  Mau rental mobil dari Medan?  Minimal tiga hari.  Kalau kau bawa sopir yang tak biasa, mampusnya kau mabok dibuatnya dijalan.  Jalannya itu, meliuk – liuk nya macam ular.  Naik samri saja lah nakku,  kau turun di pangururan atau kelean ke terminal Amplas, naik Sejahtera ke Prapat nanti naik ferry kau ke Tomok.  Itu ajanya nasehatku”

Begitulah nasehat mamak – mamak baik yang gw temui di Medan, tepatnya diatas angkot Mr. X (trayek Terminal Amplas  - kota Medan).  Berhubung mamak – mamaknya baik dan meyakinkan trus menguasai seluk beluk per-danau Toba-an, maka gw ikut saran beliau.

Opsi 1

Wherever you are di kota Medan, zaman now urusan bisa mudah dan inshaAllah aman.  Naik grab-bike atau grab-car aja ke”simpang pos”namanya.  Di map tulis aja simpang pos.  Nah, disimpang pos inilah PO mobil sampri, tepatnya dijalan Letjen. Jamin Ginting, kuala Bekala.  Mobil Sampri satu – satunya transportasi public untuk menuju danau Toba via Pangururan, harga sewanya 75.000,- dengan lama perjalanan sekitar 6-7 jam.  Dan sebagai penduduk Jakarta yang sudah dua kali berkunjung kesana dengan mencoba jalur yang berbeda #songong prihatin.  
 
Lama perjalanan sesungguhnya 6 - 7 jam


Gw lebih rekomendasikan jalur ini dengan naik mobil sampri, alasannya  pertama viewnya indah banget, kedua udaranya sejuk karena lewat brastagi yang dingin macam Puncak Bogor dan terakhir, sopirnya lebih ramah, komunikatif, dan kita dapat free antar jemput hotel.

Karena pemilik angkutan Sampri juga memiliki hotel, jadi kita ga usah panic – panic lagi nyari hotel, tinggal bilang sopirnya aja untuk diantar ke hotel.  Walaupun banyak hotel lain di Pangururan, tapi gw sangat rekomendasikan hotelnya pemilik sampri ini.  Nama hotelnya Sitio – Tio, bersih, resepsionisnya ramah, hotelnya bagus, viewnya keren karena persis di pinggir danau Toba dan harganya standar.  Ini bukan paid post, hanya karena gw merasa liburan terakhir gw kesana sangat berkualitas saja dengan pelayanann mereka #incess ga bohooong.
Jalur ini view nya indah dan udaranya sejuk
Cuma di Pangururan tidak terdapat jasa penyewaan motor, jadi kita ga bisa sewa motor disini.  Jika ingin mencari makanan ke kota atau mau kemenara pandang Tele esok harinya kita hanya bisa mengandalkan antar jemput mobil Sampri tadi.  Berbeda dengan di Tomok (jika kita mengambil jalur Medan – Prapat – Tomok), disana banyak sekali jasa penyewaan motor.  Tapi ga usah khawatir, nanti rute perjalanan nya yang efektif bisa dilihat di itinerary disini.
 
Bandara → Simpang Pos [1 jam] → Pangururan [ 7/8 jam]


Opsi 2

Dari kota Medan, naik angkot Mr. X dan turun di Terminal Amplas, bisa juga naik grab bike.  Dari terminal Amplas naik bis tujuan Parapat.  Mostly bisnya ga pake AC (asli gerah euy!), dan harga sewanya 40.000,- dengan lama perjalanan sekitar 7-8 jam.  Bis Sejahtera akan mengakhiri perjalanan di pelabuhan Ajibata.  Pelabuhann Ajibata adalah pelabuhan kapal ferry menuju Tomok (pulau Samosir).  Setelah turun dari bis, ngesot dikit kita bisa langsung naik fery, kapalnya sudah bagus-bagus sekarang karena memang Samosir sedang berbenah maksimal untuk pelayanan wisata.  Lama pelayaran dari pelabuhan Ajibata menuju pelabuhan Tomok dipulau Samosir sekitar 35 menit dan ongkos nya 8.000,-.  Begitu sampai dipelabuhan Tomok kita bisa langsung cari penyewaan sepeda motor.  Harga sewanya rata-rata 80.000 – 100.000,- untuk 24 jam.  Lebih baik sewa kemasyarakat dari pada sewa dihotel yang mematok harga 35.000 / jam.

Jarak tempuh sesungguhnya 6 - 7 jam
Jika menyewa motor, jangan lupa minta si pemilik sepeda motornya untuk menyediakan helm dan jas hujan.  Kelebihan sewa motor kependuduk local adalah kita bisa parkir motor saat mau pulang dipelabuhan saja, tidak mesti di hotel, sehingga kita irit biaya sewa angkutan dari hotel ke pelabuhan.

Jalur ini melewati perkebunan sawit dan karet

Kita bebas menggunakan motornya untuk wisata selama masa sewa.  Inilah salah satu keuntungan kalau kita datang lewat Parapat, bisa langsung sewa motor dipelabuhan dan memulai petualangan ketempat – tempat indah di danau Toba.  Kemana aja dan apa aja objek wisata yang bisa dikunjungi di danau Toba dan pulau Samosir, bisa dibaca DISINI.

Bandara → Terminal Amplas  [1 jam ]→ Prapat [8 jam ]→ Pelabuhan Ajibata jalan kaki saja, 3 mnt ]→Tomok [30 mnt ]


Opsi 3

 Sewa mobil dari Medan, rata – rata harga sewa Avanza untuk seharinya  800.000,- all in (mobil, bbm dan driver).  Untuk dapat menikmati setiap objek wisata di pulau samosir dengan maksimal, setidaknya kita sewa mobil untuk 3 hari 2 malam.  Semalamnya bisa menginap di pangururan dan malam berikutnya menginap di tomok. 

Bisa semalam menginap di Pangururan

Malam berikutnya di Tomok
Keunggulan berkunjung ke Danau Toba dengan menyewa mobil dari Medan adalah kita bisa menyinggahi beberapa objek wisata disepanjang perjalanan  Medan – Samosir, seperti taman Alam Lumbini dengan Pagoda meganya di Brastagi serta air terjun Sipiso-piso yang mempunyai ketinggian 120m di Merek.


Opsi 4

Naik pesawat dari bandara Kuala Namu Medan ke Bandara Silangit di Tapanuli Utara dengan lama penerbangan 50 menit, namun tetap saja dari bandara Silangit ke pangururan membutuhkan waktu lebih dari 3 jam.  Tetapi buat yang datang dari Jakarta ada banyak penerbangan langsung menuju Tapanuli Utara tanpa harus transit dulu di Kuala Namu Medan.

Ye kaaaan, tetep aja jauh

Bandara Kulanamu / kota asal → Bandara Silangit [50mnt] → Pangururan [ 3 jam]

Selamat menentukan pilihan untuk berlibur ke pulau Samosir, dan enjoy your me time di sekeping surga bernama Danau Toba.

Jika ada opsi transportasi lain menuju danau Toba, silahkan ditulis dikomen, nanti gw up-date ke badan blog yes…..





No comments:

Post a Comment

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...