Friday, December 22, 2017

12 info untuk traveling ke Banda Neira


Duduk sambil nge-teh di puncak gunung Api Banda, view nya pulau Neira


Informasi traveling ke Banda Neira - Seperti biasa, ini catatan gw sebelum berangkat liburan, ecie liburan #padahal mah kerja, kerja, kerja.  Biar kaya orang bener, punya kerjaan # padahal pengangguran banyak liburan.  Karena pengangguran juga berhak untuk liburan, sesuai permohonan hak asasi pengangguran yang gw ajukan ke MK.   Oemji, gw udah butuh liburan.   Sebelum lu pingsan mengikuti falsafah aneh ini, maka inilah informasi untuk liburan ke Banda Neira.


1.          Dimana Banda -  Neira
Banda Neira sumber wikipedia
Banda Neira berada di provinsi Maluku, Kabupaten Maluku Tengah.  Pulau Neira adalah ibu kota kecamatan dari Kecamatan Banda Neira yang terdiri dari Sembilan pulau, yaitu pulau Neira, pulau Gunung Api, pulau Band Besar, pulau Karaka, pulau Keraka, pulau Hatta, pulau Ai, pulau Rhun dan pulau Nailaka.  Lu ga bakal nemu Banda neira  di peta Indonesia zaman old, jika ga dijadiin INDEKS di sudut bawahnya.   Kalau zaman now tinggal tanya aja ke mbah gw, mbah tersmart di dunia #apalagi cucunya.  Gw butuh liburan, tak tuntuang tak tuntuang.  Kalau sudah liburan gw pasti beneeeeeer.

2.          Gimana cara mengunjungi Banda – Neira
Kalau lu pengangguran dan ga takut disuruh bikin surat pengunduran diri sama bos, lu bisa ikuatan gaya gw naik kapal PELNI dari ENDE di Flores ke Makassar terus ke Ambon dan sampai lah di Banda Neir.  Tapi jika liburan terbatas cuti dan ditunggu deadline, cukup cari tiket pesawat dari kota asal ke Ambon, lalu penerbangan lanjutan ke Banda Neira atau bisa juga dengan kapal cepat.
Gunung Api Banda terliihat dari atas kapal Ngapulu (kapal PELNI)

Missal :
Jakarta – Ambon (banyak sekali maskapai yang melayani rute ini)
Ambon – Banda Neira (pakai pesawat kecil baling-baling,  kapal cepat,  kapal pelni sewa speed boat)

Jadwal pesawat dari Ambon ke Banda Neira
Tidak ada jadwal rutin, kadang di cancel lastminute

Jadwal kapal cepat dari Ambon ke Banda Neira
Berangkat setiap hari Selasa dan Sabtu dari pelabuhan Tulehu Ambon tepat pukul 09:00 WIT, dan jadwal kembali ke Ambon hari rabu dan Minggu pukul 09:00 WIT.  Lama perjalanan 6 jam.

Jadwal kapal PELNI dari Ambon ke Banda
Jadwal kapal Pelni bisa di cek di website PELNI, lama perjalanan 10 jam.

Menuju Banda Neira dengan Speed boat
 Bisa dirental di pelabuhan Tulehu (kisaran harga 3-4,5 jt)

3.          Transportasi di Banda Neira
Ketintitng pada parkir, satu rumah bisa puunya 3 ketinting di sini
Kemana – mana di pulau Neira (ibu kota kecamatan) gw jalan kaki, bahkan mengelilingi pulau Neira gw juga jalan kaki (jogging pagi), secara pulaunya kecil saja.  Jadi kita bisa city tour di Banda Neira ini dengan benar-benar jalan kaki.  Kalau mau traveling manja ya bisa sewa ojek, 5.000 saja kesetiap destinasi.
Di Banda Neira tidak ada mobil.  Sedangkan transportasi antar pulauya adalah perahu kayu bermesin.  Kepulau-pulau besar seperti pulau Banda Besar ada kapal  umum yang berangkat setiap 2 jam sekali atau tergantung banyaknya penumpang.  Kepulau Hatta, pulau Rhun dan pulau Ay ada kapal umum yang berangkat sekali setiap harinya.
Orang –orang yang cukup mampu di Banda Neira akan memiliki perahu dengan mesin ketinting sendiri.   Jadi mereka bisa bepergian kapan saja mereka mau.  Jadi kalau di Jakarta orang yang mampu dikit punya Avanza, di Banda Neira mereka punya perahu ketinting.

4.          Berapa lama idealnya berwisata di Banda Neira

Lima hari di Banda Neira bisa lho kesini, kawah Gunung Api
Gw di Banda Neira 15 hari #mulai pamer.  Iya 15 hari, karena gw menunggu jadwal kapal PELNI untuk melanjutkan Perjalanan ke Kepulauan Kei.  Kapal Pelni merapat dua minggu sekali di Banda Neira.
Sekali lagi, jika lu punya jadwal liburan terbatas dan khawatir disuruh bikin surat pengunduran diri #pamer indahnya jadi pengangguran, liburan di Banda Neira sudah cukup kok 5 hari saja.  Gimana itinerary liburan di Banda Neira selama 5 hari, bisa dilihat dipostingan ini.

5.          Apa yang bisa dilakukan di Banda Neira
Dramati sunset di pulau Rhun
Tidur, makan, tidur lagi, makan lagi #nyari musuh, tapi itu pilihan hidup.  Kalau menurut gw liburan berkualitas di Banda Neira adalah melakukan pecicilan tingkat tinggi.  Paginya tracking ke puncak gunung Api, siangnya snorkeling di Lava Flow, sorenya hunting sunset di pulau Rhun, bisa? Bisa banget.  Sesuai itinerary yang coba gw bikin untuk trip Banda Neira, itu udah lengkap banget bisa ngapain aja lima hari di Banda Neira.


6.          Kapan waktu terbaik mengunjungi Banda Neira
Wisata bahari tentunya emang harus memperhitungkan angina dan gelombang laut, kecuali lu penguasa pantai selatan yang pengendali gelombang #gw ga percaya mitos horror ini.  Jadi wisata terbaik untuk bisa leluasa berenang dan ketemu hammer head, ratuan napoleon, morena warna-warni dan baby shark sebaiknya datang ke Banda Neira bulan Maret – Mei dan Agustus – Oktober.  Pada bulan –bulan ini laut di timur Indonesia lebih tenang dan kita bisa snorkeling atau diving sepuasnya tanpa khawatir terbawa arus dan gelombang besar.


7.          Penginapan di Banda Neira
Ada banyak penginapan di Banda Neira, jika ingin suasana hotel berkelas, lu bisa menginap di Cilu Bintang estate, di Maulana hotel atau the Nutmeg Tree hotel.  Ketiga penginapan ini adalah penginapan paling berkelas di Banda Neira dengan kelebihan masing – masing, semoga gw segera bisa nulis tentang teferensi penginapan di Banda Neira ini #sok sibuk, padahal pengangguran. 

Tapi jika ingin menginap dengan penginapan budget dan pelayanan maksimal ala masyarakat local gw rekomendasiin nginap di Gunung Api homestay atau Vita Guest House, ownernya ramah, sarapannya enak-enak  dan banyak macamnya.  Khusus Gunung Api Guess house ownernya pak Allan menyediakan perahu ketinting gratis untuk antar jemput dari homestaynya di Gunung Api ke pulau Neira.  Helpful banget dan baik, jika mau tracking menuju puncak Gunung Api, tracknya berada di belakang homestay ini.  Selain dua penginapan ini adapenginapan sejenis seperti Bintang laut dan Delfica homestay.  Tarifnya antara 200 – 300rb permalam.

Jika mau penginapan yang lebih murah (100 – 150rb/ malam) ada penginapan Flamboran, Eldorado dan Nassaw guest house.  Sarapannya biasanya dibeliin nasi kuning aja atau roti bakar dan segelas the manis tapi ownernya tetap ramah (hampir keseluruhan orang Banda Neira ini RAMAH).  Hanya jaja jaraknya sedikit jauh ke timur dan lumayan lah jalan kaki jika mau kepusat kota Neira semisal pelabuhan, restoran dan café-café.




8.          Apa makanan favorit di Banda Neira
Telur ikan asap, terong saus kenari, ikan asam pala, ikan bakar bumbu kenari #gw langsung lapar mendadak mengingatnya.
Sssssst, pengangguran lagi dinner :P

Sebenarnya semua makanan di Banda Neira ini enak, terong saus kenari misalnya, baik yang dipesan di hotel Cilu Bintang, di café Delfica atau beli di warung simpang empat bank Maluku rasanya sama aja  enak.  Jika beruntung, kamu sedang berada di Neira saat kapal PELNI merapat maka akan bersua dengan bazar makanan.  Bazar makanan ini diadakan dua minggu sekali setiap kapal pelni merapat, sehingga orang –orang yang jumlahnya bisa ribuan dikapal besar ini akan turun dan belanja di bazar makanan.  Gw jamin, semuanya enak.

9.          Bera budget wisata ke Banda Neira
Budget ini relatif, sesuai gaya traveling kamu.  Tapi setidaknya list ini bisa membantu perkiraan budget jika ingin berlibur ke Banda Neira :
-  Tiket pesawat Jakarta -  Ambon (tergantung rezeki #anak soleh bisa ddapat murah)
-  Kapal cepat PP (820.000 kelas ekonomi, 1.240.000 VIP)
-  Penginapan 4 malam (start from 100.000 – 600.000), tentukan sendiri kelas hotelmu
-  Makan (di Cilu bintang gw sekali makan 200.000 di warung simpang bank Maluku sekali makan     15.000), so tentukan sendiri style kuliner kamu
-  Wisata bahari, sewa ketinting sehari 300.000, bisa muat untuk 4 orang
-  Entrance fee wisata rata-rata seikhlasnya (tapi tolong jangan kurang dari 5.000 #menurut gw)
-  Bayar guide untuk spice tour 150.000
-  Sewa kapal untuk wisata di pulau Hatta / rhun / Ai / Syahrir dari Neira 800.000 sehari


10.      Dimana Spot Foto yang Instagramable
Dimana – mana aja bagus, tapi jangan lupa berfose di :
-  Benteng Holandia pulau Banda Besar (View Gunung Api Banda)
-  Benteng Belgica, cobalah naik ke menaranya yang mghadap ke gunung APi Banda dan berfoto disana
-  Rumah pengasingan M. Hatta
-  Rumah pengasingan St. Syahri
-  Rumah Pengasingan Dr. Cipto Mangunkusumo
-  Puncak gunung Api Banda (tracking selama 1,5 jam saja
-  Gerbang benteng Nassau
-  Sunset di pulau Rhun
-  Jalan karang antara pulau Rhun dan Nailaka
-  Sunset di menara utara pulau Neira


11.      Kehidupan soosial masyarakat Banda Neira
Sebagian besar masyarakat Banda Naira hidup berkecukupan dan makmur.   Rata-rata perekonomian mereka dari bertani Pala dan cengkeh, berdagang dan nelayan.  Tingkat pendidikan juga merata disini.  Rata – rata generasi mudanya bergelar sarjana dan kebanyakan menempuh pendidikan tinggi di Ambon dan Makassar.   Agama Islam dalah agama mayoritas di Banda Neira, kecuali di pulau Ay, ada perkampungan Kristen.  Sehingga tidak perlu khawatir untuk mendapatakan makanan halal disini.

Meskipun daerah perpenduduk mayoritas muslim, mereka sangat menghormati dan bersahabat dengan penganut keyakinan apapun.  Hal ini membuat Banda Neira jadi sangat ramah untuk traveller atau turis yang bukan beragama Islam.  



12.      Sinyal  dan koneksi internet
Sudah rahasia umum jika daerah timur Indonesia hanya teraliri sinyal Telkomsel #teraliri?  Jika kamu tidak berkenan untuk bergonta ganti pasangan dan tidak urgent juga, maka cukup mengandalkan wifi hotel atau penginapan saja untuk posting pamer atau setoran deadline. Tapi jika kamu anaknya gampang bergonta ganti pasangan, ada pastinya counter yang menjual kartu Telkomsel disini berikut paket datanya.  Sinyalnya cetar 4G dipulau Neira, Banda Besar dan Gunung Api, tapi tetep aja tiarap di pulau Hatta.  
Itu maksud gw bergonta ganti kartu ya #takut juga di banned #gw anaknya penakut.

Oke segitu aja dulu info untuk traveling ke Banda Neira, jika ada hal –hal yang ingin ditanyakan, silahkan tinggal pesan dikomentar – inshaAllah akan gw jawab jika gw tau jawabannya.  Thanks for reading

No comments:

Post a Comment

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...