Friday, December 29, 2017

9 Hal ini Ada di Pantai Losari

Senja di Pantai Losari


Pisang EPE, es pisang ijo dan sunset –  itu alasan gw mau-maunya jalan kaki setengah jam lebih dari benteng Rorherdam ke pantai Losari waktu mampir ke Makassar September kemaren.  Sederhana aja, tapi sebagai anak baik yang ikhlas dengan ke-jomloan, Allah lebih sayang sama gw.  Dipantai losari ternyata menyuguhkan kelezatan dan keindahan diatas ekspektasi.  Perpaduan keindahan, kelezatan dan kesejukan jiwa hadir di Losari #biar dikira gw rada solehah dikit.

Ternyat apantai Losari itu panjang sob! View sore itu matahari yang tetap sempurna dalam udara bulan September yang lembab.   Dan itu membuat gw merasa bahagia #bukan PPB (pura-pura bahagia) loh ini.  Lihat, apa aja yang  ada dipantai Losari diawal bulan September sore itu :



1.        Sunset yang dramatis


Meskipun bulan September sudah mulai gerimis, tapi sunset dipantai losari tetep indah.  Disesi akhirnya matahari meluncur ke balik kapal-kapal besar yang terparkir di selat Makassar membuat siluat melankolis #buat gw, sampai akhirnya tenggelam sempurna diantarkan suara adzan yang indah dari masjid apung Amirul Mukminin yang megah.


2.       Para Penari yang gemulai

Penari di pantai Losari
Ada segroup penari berpakaian adat suku – suku yang mewakili Makassar, yaitu suku Makassar, suku Bugis, suku Toraja dan suku Mandar.  Tampak cantik menarikan irama kehidupan nelayan berlatar  matahari tenggelam.

3.       Para pencinta satwa

Piaraannya lucu - lucu

Iyes, banyak pemelihara satwa yang bawa binatang kesayangannya ke pantai Losari.  Ada ular yang gemuk banget, ada iguana lucu dan anak – anak kecil menikmati berinteraksi dengan hewan tak biasa ini.  Tak biasa ditemukan ditempat umum.



4.       Anjungan empat suku





Selain anjungan bertuliskan city of Makassar dan Pantai Losari, disini juga ada anjungan keempat suku asli Makassar, yaitu Makassar, Toraja, Bugis dan Mandar.  Yang sabar aja jika mau berfoto dianjungan ini, banyak sekali peminatnya #termasuk gw sore itu.



5.       Syaikh Yusuf, Nelson Mandela dan Mahatma Ghandi berdiri di pantai Losari
Patung 3 orang hebat

Tiga tokoh berpengaruh ini ada patungnya dipantai Losari.  Lumayan antri juga untuk foto bersama para beliau-beliau ini.  



6.       Tembok tanda tangan
tembok Tanda Tangan

Tidak ada karya para vandalist di pantai Losari, tapi  tembok ini penuh tanda tangan.  Mungkin memang sengaja diperbolehkan untuk dicoret – coret.  Sepertinya pengelola pantai Losari sangat tau bahwa membubuhkan tanda tangan, daera asal dan nama pengunjung beserta pasangannya adalah bagian dari karya cipta anak bangsa yang perlu difasilitasi.


7.       Pisang EPE dan es pisang Ijo
Mulai dari kelas gerobakan tanpa tempat duduk, gerobak bertenda dengan jejeran kursi kayu, kafe ber –wifi dan restoran di area pantai losari dan sepanjang jalan Penghibur  pantai Losari menyediakan menu ini.  Tapi pisang EPE yang paling terkenal justru kelas kerobakan bertenda.  Pisang epe bang Mandiri.  Topping milonya juara


8.       Masjid terapung Amirul Mukminin
Masjid terapung Amirul Mukminin

Sunset yang turun kekaki langit diselat Makassar terasa semakin dramatis dan menggetarkan jiwa, backsoundnya suara adzan dari masjid Amirul Mukminin.  Masjidnya sanga  bagus dan bersih, terdiri dari dua lantai, berdiri megah menghadap selat Makassar.  Selepas sholat magrib, alunan bacaan Quran yang merdu mengalun dari masjid ini.  Sholat safar dimasjid ini, adalah hadiah termewah dari sebuah perjalanan.

No comments:

Post a Comment

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...