Saturday, August 26, 2017

Hari Jumat, Jangan City Tour di Banda Aceh

Masjid Baiturrahman
City Tour Banda Aceh - Habis subuh gini, otak gw agak encer dikit nih, agak bisa mikir gitu. Mari lah, gw lanjutin cerita nge-backpack ke Sabang nya.

Nyampe Banda Aceh jam 09.30, gw geleng-geleng aja tuh ke tawaran abang-abang becaknya dulu, merapat ke loket bis. Tanya-tanya nanti kalau balik bis malam kemedan bagai mana, bukan hari itu sih, tapi ya prepare aja. Setelah selesai, aha! Disini ga ada angkot babe, adanya becak motor. Baiklah gw berbecak ria pagi menjelang siang itu kearah masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Ongkos ditawarin 20rb, gw tawar aja 15, dapatlah. Sepanjang perjalanan gw tanya-tanyai lagi abang nya, ramah sih. Dia bilang "logatnya Jakarta ya mba?". Iyalah bang, dari zaman gw masih imut udah dijakarta, numpang lahir sama tumbuh aja gw diPadang. Padahal awal-awal tadi gw diajakin bahasa Aceh mulu, ya gw kan ga ngerti (ini akan masih berlanjut sepanjang gw diaceh). 

Nyampe masjid raya Baiturrahman (yang satu-satunya ga tersentu air Tsunami itu) gw langsung ke toilet. Gw periksa toilet wanitanya dari sabang sampai Merauke. Dipaling ujung ketemu ruang yg ga ada toiletnya, trus ini "kesempatan" tiba-tiba gw jadi girang. Norak memang, hehhehe. Bagai mana tidak, dimana lagi gw bisa mandi dengan aman, secara gw ga mungkin check-in hotel disini. Karena nanti sore gw mau lanjut kesabang dengan ferry terakhir. Ya langsung aja rasa aman gw buat mandi itu terealisasi, secara diluar banyak ibu-ibu dan anak-anak yang lagi beraktifitas wudhu, jadi ga mungkin akan ada laki-laki yang nyelonong masuk cuma buat ngintipin gw.

Habis mandi gw langsung kemasjid, rasa lapar sih dah mulai berasa tapi gw abaikan dulu. Gw mau Dhuha dulu 12 rakaat (bukan pamer ibadah, ini motifasi aja buat teman-teman, betapa beruntungnya kan gw bisa datang plesiran ketanah yang 12 tahun lalu itu merupakan tempat jamaah kematian mendatangi penduduknya hanya dalam 8 menit). Ya cuma 8 menit gelombang besar itu.

Eh lupa ding, sebelum masuk kemasjid gw nanya keibu-ibu depan masjidnya, tentang ferry keSabang. "Assalamualaikum, ibu maaf, kalau ferry keSabang terakhir jam berapa ya"

Lagi-lagi gw dijawab pake bahasa Aceh dan agak Ketus lalu berlalu. Maak salah gw apa??

Dan didalam masjid gw nanya lagi keseorang ibu-ibu tetep setelah denger pertanyaan gw, gw dicuekin. Ya sudh lah, gw nyerah lebih baik nanya sama gugel fikir gw. Karena memang dari jakarta gw dah dibekelin pepata sakti ama temen gw

=Malas nge-gugel lu ga tau arah=

Setelah sholat, sekarang jam 10.15 sudah, urusan perut gw nyerah deh, langsung aja jalan kearah kiri masjid dan keluar gerbang. Oh betapa beruntungnya, ini hadiah setelah gw dicuekin 2 ibu-ibu tadi. Langsung gw disambut gerbang pasar Atjeh, yang mana dalam itin gw ini tempat nguber kuliner. Yippy......

Interior Masjid Baiturrahman, Megah

Diwarung makan itu gw liat ada mie gede-gede dan sepertinya yummi. Masuk, ambil tempat dan dudukin ransel disamping gw, pesan dan gw dijejelin bahasa Aceh lagi. Gw jawab aja pake bahasa apa yang gw bisa, ya bahasa indonesia logat Jakarta. Alhasil sepiring lontong sayur aceh, ada mie goreng aceh dan mie lidi diatasnya, kuah kacang dan segelas the tarik dingin. Gw numpang charge hape disini. Sepanjang makan gw nanya-nanya santai ama kakak penjualnya, maksud gw biar gw agak lamaan disininya dan hape gw juga bisa sarapan yang cukup, hahhaha.

Disamping gw ada bule juga sarapan, gw tetep aja nanya-nanya ama kakak penjual nya, walau dia agak bete kayaknya dengar ocehan gw.

"Adik mau kemana?".

"Kesabang kak"

"Dari mana"

"Jakarta kak"

"Saya fikir kau orang Aceh"

Dan wajah kakak nya berubah sangat ramah dan memberi penjelasan yang sebenarnya otak gw agak susah mencernah informasi baru super cepat begitu.


Alamaaak, gw dicuekin hanya karena gw dikira orang Aceh. Inilah sedikit cobaan bagi gw datang ke Aceh dan ternyata gw baru ngeh kalau wajah gw itu mirip2 rautnya sama orang Aceh. Jadi semenjak kemaren gw dibabat pake bahasa Aceh hanya karena wajah gw yang kaya gini, dan bisa jadi tadi dicuekin karena gw dikira Aceh Belagu. Ya secara cultural orang Aceh mempunyai kebanggaan budaya dan secara yang mendalam. Mereka pernah menjadi kerajaan yang luas dan paling akhir dan sebentar dijajah belanda juga provinsi khusus yang kaya raya.


Nasib gw deh, dikira orang Aceh alay.

Karena emang wajah gw ternyata ada cita rasa Aceh dan jilbab serta rok gw so Aceh. Ckckkck

Museum Tsunami

Setelah makan gw naik becak kearah museum Tsunami, gw malah celingak-celinguk dulu baca peta didepannya. Pas udah siap dengan sempurna mau masuk museum, gw dihadang penjaga "maaf kak udah tutup"

Oh my Allah my Rasulullah, ternyata apapun itu tutup kalau waktu sholat dan ini itu hari Jumat, buka lagi 14.30 katanya. Gw protes, selama itu kah? Kenapa lama banget? Kan jam 1 juga udah selesai sholatnya. Yah ini Aceh. Slowly but sure, gw aja yang lupa kalo gw bukan dijakarta yang super kilat kecuali transportasinya.


Berarti semua tempat wisata indoor juga tutup sementara waktu gw buat city tour cuma sampe jam 15.00 saja, piye iki?

Well, gw jalanin aja taqdir gw, niat yang mengitari seluruh city tour itu gw jalanin. Gw berjalan dari museum Tsunami itu kearah Barat, lalu belok ke utara, spot terjauh taman budaya, onde mandeeee ternyata cuma ruang kosong pentas terbuka. Disebelahnya gunongan yang cukup indah, sebuah replika alam pegunungan ala Pahang yang dihadiahkan Sultan Iskandar Muda untuk istrinya putri Phang itu, tapi gw tetep aja ga bisa masuk. Lalu makam belanda diseberang gunongan, gw juga terhalang pintu baja dan lanjut gw balik dan jalan kearah barat lagi, lumayan gw bisa masuk pinto Khop (taman mandi putri Phang), sebenarnya seperti kolam taman sari di Jogjakarta, cuma saja ini dialiri sungai dan sudah sangat kotor. Tapi tamannya lumayanlah, dan ada beberapa AbG putri SMA yang lagi santai. 
Taman Pemandian Putri Phang (Istri Sultan Iskandar Muda)

Lalu dari sana gw balik lagi ke arah Museum Tsunami (ini cukup jauh kalau berjalan kaki) ya pasti belum buka juga. Lalu gw lanjut Jalan kemuseum PLTD Apung, karena GPS dan segala hape-hapen gw dah tidur, gw ga tau lagi arah jalan pulang. Hik...hik...hik... gw nyasar jauh dan setelah nanya gw balik lagi deh. Mampir dimuseum pribadi keluarga Arif. Ada abang-abang yg jelasin ke gw tentang keluarga itu yang disapu habis Tsunami, kecuali 1 anak beliau yg lagi kuliah diJambi. Yang jelasin ke gw itu ponakannya kepala keluarga itu. Hik.....sedih. Lalu balik gw naik becak dan museumnya udah buka, sayang gw ga punya waktu banyak lagi. Gw jalanin tuh museum sampai lantai 4 trus balik dan cari becak lagi buat kepelabuhan Ule Lheue.

Walau dalam hari yang sama, cerita ini gw penggal dulu deh, disabang hari pertama itu masalah traveling yang sesungguhnya dan jempol gw mulai gepeng, itu leppi gw masih ngambek. Perlu install ulang keknya.

No comments:

Post a Comment

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...