Tuesday, August 29, 2017

Dikilometer Nol Indonesia, Sunsetnya Indah




Pelabuhan Ulee Lheue
Sunset di titik Nol Indonesia - Begitu Museum Tsunami dibuka kembali, gw langsung menyerbu masuk dan kalap mengitari sampai kelantai atap, ketemu gudang. Makanya yang sabar! #biar pantat lebar.

Selesai kunjungan singkat ke museum Tsunami, inilah waktunya menuju pulau Sabang. Yeaay....

Liat digugel jarak antara museum Tsunami ke pelabuhan Ule Lheue ga jauh-jauh amat, tapi ongkos yang ditawarin bang Ojeg kok ya 15 rebu. Ga, anak backpacker itu anti mahal #mungkin gw pelit *mungkin iket pinggangnya lagi dikencengin *plis jangan tuduh gw macam-macam, plis.


Finally, naik Bentor (Becak Motor) dari lapangan Blang Padang menuju pelabuhan Ulee Lheue, ngesot dikit dari museum Tsunami dan dapat becak yang memang trayeknya kepelabuhan Ule Lheue. Cuma 5 rebu euy! Gw suka gw suka #sesekali emang gw suka yang murahan #alibi


Nyampe pelabuhan Ule Lheue gw diantar abang-abangnya sampe kapal, #rezeki cewek soleha. diangkatin tas gw #jomblo meleleh.


Harga tiket ferry cepatnya 75.000 dengan waktu tempuh dari pelabuhan Ule Lheue (banda Aceh) ke pelabuhan Balohan (sabang) 45 menit. Ya gw sengaja naik ferry cepat karena mau nguber sunset di 0 km nya Indonesia. Obsesi untuk ini lebih tinggi dari puncak monas, serius! #Mengalahkan obsesi pengen kawin #Ingat dirumah emak nagih cucu #Ngelayap karena ditagih kawin mulu #Jomblo curhat.

Dikapal gw telepon itu teman yang direkomendasiin si Ozi. Gw minta tolong cariin rentalan motor disabang sama siabang ini, namanya Khairil. Sampe pelabuhan gw nyelonong keluar duluan, telpon lagi siabangnya dan yap, kita ketemu.

Gw pikir bakal ketemu orang Aceh, taunya orang Batak (ingat wajah batak selalu buat ciut nyali gw, tau tuh kenapa). Pada akhirnya gw tau kalau siabang ini bukan batak tapi beneran Aceh, xixiixi.

Gw dikasi kunci motor setelah bayar 2x120rb untuk rentalan 2 hari. Gw nawar 100rb sesuai rekomendasi si Ozi ga dapat euy!

Mulai sedikit gw gagal paham. Menurut si Ozi, siabang akan anterin gw sampe titik Nol, dan gw manut aja ama info si Ozi. FIY si Ozi ini teman trip gw yang paling baik urusan bikin itin. #tuh Ji, gw udah balas budi yak, wkwkkwk

Jarak antara pelabuhan Balohan sama titik Nol itu 34 km. Nah, baik banget kalau ada yang anterin gw sejauh itu, apa mungkin?? #incess tersipu #incess jadi GR

Ternyata gw harus jalan sendiri, #PHP-sih, Siabangnya hanya nganterin gw dari pelabuhan sampe kota aja, dari kota Sabang ketitik Nol gw sendiri sejauh 26 km, udah jam setengah enam sore lho ini. Pas dia bilang begitu gw langsung biru, gimana engga, konon katanya laki-laki aja serem jalan sendiri apalagi gw cewek ga berdaya gini, #Serem-serem -sedap. Tapi ga mungkin juga gw mewek minta dianterin sama siabangnya, emang gw siapa? #Korban PHP #Jangan gampang GR


Bismillah! Setelah say good bye keabangnya, gw tancap gas.

Maaaaaakkkkk, baru sekitar satu Km gw dah dihajar jalanan super bikin dengkul gw gemetar. Jalanannya satu jalur dan berkelok-kelok luar biasa. Lo pernah tau kelok SEMBILAN, itu baru 1% nya. Lo pernah nanjak dari Bogor ke puncak Pas lalu turun ke Cianjur? Itu baru 0.5 %nya.


Jalan Pelabuhan Balohan - Titik 0 km

Dalam turunan terjal ada belokan, setelah belokan dan turunan itu tiba-tiba disambut tanjakan 70 derajad lalu dalam tanjakan itu ada belokan 45 derajad. Sekarang yang berdegup bukan hanya jantung gw, tapi lambung, usus, kepala dan dengkul berdenyut seirama, menyanyikan lagu makian "rasain lu ais, siapa suruh kesini sebatang kara". Gw tolak ejekan itu dengan menambah kecepatan, untung jalannya mulus, lalu lintasnya jarang-jarang. Semakin lama semakin ngeledek gw jalanannya dan udara bersiul semakin sore. Gw ga mau lihat jam, takut jam gw menyampaikan Quotes ledekan juga. Gw hajar aja itu jalanan dengan dengkul dingin kengerian. Lama-lama hutannya semakin lebat kiri dan kanan, tak ada tanda kehidupan yang bernama manusia, nyanyian binatang dedaunan malam semakin santer nakut-nakutin gw.

Dalam hati gw berdoa, "ya Allah selamatkan aku, jadikan bunyi motor dan wajahku tidak membangkitkan rasa lapar makhluk hutan ini, ya Allah jika disini ada penyamun dan bajing loncat (penjahat era emak gw masih gadis), maka terbitkanlah dalam fikirannya bahwa tas a yang gede ala backpacker ini sebagai signal, menandakan itu ga cukup tajir untuk dirampok, ya Allah jadikan jalanan ini bersahabat dengan, biar gw ga jatuh trus mengerang kesakitan ditengah belantara lalu datanglah sekumpulan binatang buas mengelilingi tubuh Allah” #gw belum kawin....



Tugu Nol Kilometer (If : Emak-emak saingan gw)

Alhamdulillah doa gw terkabul tuh. Karena doa musafir itu kan diijabah, apalagi musafir lemah kayak gw. Alhasil sampai titik Nol juga jam 18.45, dengan basah keringat dingin. Gw langsung jepret-jepret sunsetnya, ternyata sunset disini mirip panoramanya sama uluwatu di Bali. Cuma tidak ada tari Kecaknya. Rasa takut gw ilang, berganti harap-harap cemas, agar gw bisa selfie di tugu 0 km itu sendirian. Secara ada 30 antrian PNS yang kayanya lagi ada outing kantor dari Banda Aceh. Nekad gw akan minta tolong siapa aja nanti, #demi sosmed #demi pamer foto #Banci kamera. Jam 19.00 lewat baru mereka pada turun, dan giliran gw semua cahaya udah ilang, hiks...hiks....hiks....


Sunset di Titik Nol


Yah, mau gimana lagi. Gw balik. Karena dari 0 km emang ga ada jalan terus lagi, hanya ada satu jalan, yaitu jalan pulang. Gw baru nyadar gw belum booking penginapan.

Malam udah bener-bener gelap. Mobil2 sudah jalanmeninggalkan titik Nol, sisa satu mobil bule aja yang belum hendak beranjak pergi. Intinya yang motoran tinggal gw aja. Seorang cewek lemah dari Jakarta yang nekat membuat jejak.



Bukti Buat anak cucu

Begitu ancang-ancang mau nambah kecepatan, Ya Allah....gw dihadang babi hutaaaan. Sambil menjerit "yaAllah, yaRabbi, ya Karim, ya Ghofur, ya Azziz, ya Rahman, ya Rahim) dengan kecepatan tinggi juga gw piting itu gas maksimal. Untung kecepatan nyebrang jalan babinya diatas kecepatan motor gw atau mungkin dia curi star duluan, maka kami tidak jadi saling adu bodi. Kalau bukan karena Allah yang memberikan gw keselamatan dengan sepersekian detik itu, maka tulisan ini mungkin ga ada, yang ada adalah berita dengan judul "Seorang jomblo dari Jakarta Mengalami tabrak Babi di Sabang". Oh tidaak! #dasar babi #Dasar Jomlo #Jomblo bukan babi #Babi doyan kawin #Jomblo belum nikah #Gw Jomblo Syariah

Jarak antara 0 km dengan iboih (lokasi bungalow yang direkomendasiin semua backpacker buat nginap 8 km). Tapi setelah sekitar 6 km per-motor-an, gw liat papan Panorama bungalow, gw mampir aja, nanya masih ada kamar kosong atau engga, taunya ada. Orang nya nanya gw, buat berapa, gw jawab 1. Trus dia bilang "berani". Ih ini orang, nyaris adu bodi sama babi hutan aja gw jabanin, #Songong #Padahal masih Keringat dingin, apalagi nginap dibungalow sendiri (itu gw sombong karena udah selamat yak), hihihi.

Bungalownya nyaman

Lalu gw tanya balik "emang bungalow abang serem?"

Serentak dia dan emaknya bilang "e..e...tidak" hahaaha ya iyalah, duit itu. Lagian bungalow ini tampak manis kok.

Dia kasih harga 200rb. Emang sih bungalow nya keren banget, bersih dan dibibir pantai, ada ayunannya dan pokoknya gw banget deh. Tapi tunggu dulu, karena emang low season keempat bungalownya sepertinya kosong. Naluri bisnis gw langsung signalnya muncul. Bagaimanapun dia akan mau terima tamu manis kek gw ini dengan setengah harga, dari pada sama sekali engga. Gw tawar aja seratus, eh bener dikasih. Langsung deh gw mandi kembang (maksudnya bau sabun gw bau kembang), #mandi kembang biar anteng jodih #Musyrik.

Lalu mampir ke rumah ibu pemilik bungalow minta dibikinin nasi goreng dan the hangat. Rasanya lumayan. Lalu gw bilang gw mau duduk dikursi yang menghadap kelaut cina selatan itu. Disana ada kursi dan ayunan. Oh indahnya malam, seindah mimpi backpacker gw, mengunjungi titik terluar wilayah Indonesia.


Santai di Pantai

Eh suaminya siibu, dan beberapa bapak-bapak nyamperin gw. Kita berbagi cerita masing-masing. Tapi gw lebih banyak mendengar dan nanya. Hal yang selama ini ingin gw tau muncul tiba-tiba. Apa pandangan raknyat Aceh  terhadap GAM. Yuhuuuuu gw dapat nara sumber malam ini. Cerita tentang segala tentang sabang yang dulu free port (pelabuhan dengan lalu lintas padat), makmur, maju dan kaya. Cengkeh yang harganya mahal dan Tsunami yang tidak terlalu berdampak di Sabang gw dapat dari orang lokal sendiri. Kalau saja semua darah gw ga minta ditenangin dijantung setelah nyaris duet ama babi hutan tadi, gw betah deh dengar cerita bapak-bapak dan ibu itu. Tapi perjuangan gw masih panjang dan gw undur diri. #berbaur dengan orang lokal itu menyenangkan.



Gw senang udah berkunjung ke Sabang, ke titik nol Indonesia, melihat aura Ibu Pertiwi di ujung sini. Gw semakin Cinta Indonesia. 

No comments:

Post a Comment

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...