Monday, September 4, 2017

Short Escape? Ke Gunung Bunder aja

Curug Seribu
Short escape ke Gunung Bundar - Ada tujuh curug, satu kawah aktif, pemandian air panas dan menara pandang (panorama) disatu TNGSE (Taman Nasional Gunung Salak Endah). Kurang apa lagi coba? Buat lu ngacir sejenak dari kepenatan kerja yang ekstrim dan radikal dan kadang-kadang diperparah status jomblo lu yang ga kunjung berakhir. Ya udah kesini aja. #berasa pengen curhat


Gunung Bunder yang berada dalam wilayah TNGSE ini emang worth it, ga perlu budget gede, lokasinya masih virgin, ada banyak destinasi disatu area dan lokasinya yang tak terlalu jauh dari Ibu kota. Perfect untuk short escape dan nge refresh kepenatan. Daaaaaaaaan ga macet, lu ga perlu ngedumbel dan setress kaya lu short escape ke puncak, yang kalau weekend jalannya buka – tutup.
Pokokny arahkan aja tujuan lu ke kampus Dramaga IPB, Bogor. Gunung Bunder hanya kira-kira 20 km jaraknya dari kampus Dramaga ini. Jalananya memang tanjakan secara keseluruhan tapi mulus beraspal. Untuk menuju puncak (lokasi Wisata) nya, sebaiknya lu pilih masuk dari gerbang Gunung Sari (Pamijahan) karena jalannya masih bagus dan sangat mulus. #coba elus pipi #kaget ada jerawat batu #nasib.

Berbeda jika lu masuk dari arah gerbang Gunung Bundar, jalan tanjakannya sudah banyak yang rusak. Gw pribadi sih seram melewati tanjakan ekstrim dan berbatu serta lobang dimana-mana ini. Lagian view jika kalian lewat dari gerbang Gunung Sari Pamijahan juga lebih indah ketimbang dari gerbang gunung Bunder.

Curug Muara Herang
Dikiri kanan jalan ada persawahan yang berjenjang-jenjang, ada banyak vila dilereng perbukitan. Jika saja ditata dengan lebih baik, persawahan di guung Bunder ini akan menyaingi keindahan Ubud, Bali. Udaranya sejuk khas udara pegunungan dan satu hal yang lebih keren disini adalah, belum macet meskipun saat weekend. Mungkin karena belum terlalu banyak orang yang tau betapa indahnya curug-curug di gunung Bunder.

Jarak antara satu curug dengan curug yang lainnya juga tidak berjauhan, jadi dalam satu hari lu bisa mengunjungi empat atau tiga curug sekaligus. Ada juga hutan pinus disepanjang perjalanan dari puncak ke arah gerbang Gunung Bunder yang sangat Instagramable.

Dari ketujuh curug ini, jika lu punya waktu terbatas menurut gw coba utamakan dulu untuk mengunjungi curug Seribu (satu jam tracking dari parkiran), Curug Muara herang (40 menit tracking dari parkiran), Curug Pangeran (15 menit tracking) dan curug Ngumpet 2 atau disebut juga curug kondang. Menurut gw keempat curug ini lebih bagus dari tiga curug lainya.

Curug Pangeran
Untuk akomodasi dan makan lu ga usah khawatir, ada banyak vila dan homestay disekitar sini. Harga nya berkisar antara 200 – 400 ribu rupiah. Satu homestay seharga 200 ribu bisa lu inapin untuk 10-15 orang. Rata-rata kamar mandi diluar. Tapi jika gaya perjalanan lu kaya gw yang doyan menyatu dengan alam dan murah meriah, lu bisa merasakan sensasi tidur di rumah panggung dengan full music irama aliran air 24 jam, suara jangkrik, celotehan burung dipagi hari dan sungai yang mengalir di sisi tiang rumah panggung tempat lu tidur. Rumah panggung berlantai papan, berdinding anyaman bambu. Sensasional. Dan yang jelas sangat murah.


Rumah Panggung Teh Nani

Waktu kesini kemaren gw nginap dirumah panggung nya the Nani, orang nya baik dan helpful banget, kalau nginap juga dikasih karpet, bantal dan selimut hangat. Sukak gw nginap di rumah panggung the Nani. Kalau lu datang banyakan mending dibooking dulu sekalin juga bisa request makanan. Makan ngeriung beralaskan daun pisang diatas rumah panggung yang disisinya mengalir air bergemericik melalui sela bebatuan khas hulu sungai dan daun-daun pakis mengetuk-ngetuk atap diatas atap tempat lu terpesona dan terbius aroma wangi nasi liwet. Whatever, lu jomblo atau pun ketikung pasti bisa relaks disini. #Curhat

selain rumah panggung the Nani juga masih ada beberapa rumah panggung lainnya disekitar sini. Tepatnya di gerbang masuk curug Muara Herang.





2 comments:

  1. Wahh,keren nih buat Libururan anak kuliahan..
    Boleh ka,saya Minta Kontak Teh nani nya.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan tinggalkan emailnya kak, nanti gw kirim via email nya

      Delete

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...