Sunday, November 5, 2017

Solo Traveller, Juga Bisa Punya Foto Sendiri yang Keceh

Traveling dan Foto diri Sendiri
Seperti Mars dan venus
Bagai Rangga dan Cinta
Laksana Laila dan Majnun
Serupa Yusuf dan Zulaikha
#l3b4y d1mul4y
Kalo lu Minum kopi Flores, mungkin itu kopi yang pernah gw jemur disini
Solo Traveler harus punya foto diri sendiri - Bayangkan, jauh-jauh ke Waerebo di Flores tapi ga punya foto cakep disini? #kaciaaan.  Atau udah menguras emosi mendaki  gunung Api di Banda Naira tapi ga punya foto sendiri dengan view Pulau Naira dan Pulau Syahrir? #malang banget.  Atau udah ke Togean untuk melihat keindahan bawa laut tapi ga bisa selfie sama nemo #oh NO.  Makanya jangan jomblo melulu #blog apaan sih ini #turnoff paket data.
Sejujur nya ini permasalahan idup gw #mulai curhat.  Sebagai banci kamera tapi suka kelayaban sendirian, gregetan untuk dapat foto-foto sendiri yang keceh tornado untuk dipamer di galeri sosmed #gw anaknya emang suka pamer, udah dari bayik.   Maka lama kelamaan gw berrfikir untuk nyari akal, gimana caranya biar dapat foto keceh buat pamer walaupun status masih jomblo #eh,solo traveler maksudnya tapi ga mau juga kalau dicap alay-er kelayaban.
Biasanya gw lakuin cara-cara seperti ini :
1.        Minta tolong di fotoin
Upah gw jadi Translater, elu harus jadi kang foto #pamrih
Jika di spot yang kamu ingin berpose itu ada banyak orang, coba lihat diantara mereka yang terlihat mengerti photografi, biasanya ditandai dengan mereka yang menenteng perlengkapan photografi yang memadai dan tidak banyak ber-selfie.  Cobalah menyapa dan tanyakan apakah mereka ga keberatan jika elu meminta tolong untuk di fotoin.  Jika mereka menyanggupi, jangan juga kebablasan minta difotoin dengan 21 gaya alay #alay lu.  Dan ucapkan terimakasih setelahnya agar lu jangan dicap ának alay ga tau berterimaksih’.
Oh iya, jika disekitar elu tidak terlihat orang yang paham dunia perfotoan, bisa juga dengan menset zoom kamera sesuai yang elu mau, trus minta tolong seseorang dan katakana angle seperti apa yang lu inginkan.  Jika memungkinkan arahkan kamera ke spot yang diinginkan dan katakana “boleh nanti fotonya sperti ini, dan gw posisinya bakal disini” lalu cek hasilnya, jika sudah 80% sesuai keinginan, ya sudahlah, katakana terimakasih.
2.       Bawa Tripod dan set timer
Kelayaban di Ngurtavur

Tripod travel teringan dengan kualitas memadai sejauh yang gw tau adalah zomei dengan berat 4 ons #bukan iklan.  Jelas ini butuh perjuangan buat gotong-gotongnya.  Apalagi jika spot fotonya adalah ketinggian.  Kebayangkan nge-gotong tripod, kamera, lensa ke puncak gili Laba atau Puncak Pulau Padar, puncak Semeru atau puncak whateverlah, asal jangan puncak asmara.
Dengan tripod elu akan leluasa untuk dapat foto keceh buat pamer.  Tentukan aglenya, setting timer kamera dan tentukan posisi elunya.  Tapi kelemahan nya, cara ini agak kurang greget ditempat yang ramai pengunjung.  Bisa-bisa tripod lu mengganggu lalu lalang orang-orang atau kamera lu di jambret #apes idup lu.

3.       Selfie
Wajah kedinginan di Waerebo, Flores
Kids zaman now pasti tau cara selfie terbaik dan gadget penunjang selfie itu sudah bejibun.  Ada smartphone yang kamera depannya wide angle, bisa selfie se Rt kaya Opp* yang gw pake sekarang atau juga bisa pakai fisheye yang banyak dijual dimana aja.  #disclaimer : di Baduy dalam ga ada.

4.       Tongsis / GorillaPod
Jembatan gantung Tahura, Bandung
Iye, tongsis.  Zaman now itu banyak sekali jenis tongsis dipasaran.  Mulai dari yang sekelas tongsis go pro, tongsis attanta yang bisa di setting sampai 1,5 meter, street tongsis alias tongsis pinggir jalan sepuluh rebuan #ga ada tongsis, susah buat narsis.  Disamping ada banyak varian harga, tongsis juga ga terlalu menambah berat backpack kita kok.  Ga bakal kena extra charge dan pastinya sinar X-Ray ga akan men-sensor itu tongsis, kecuali didalamnya elu taro bubuk mesiu atau pil ekstasi.

5.       Screen shoot Video
Jika kondisi diatas tidak memungkinkan untuk dapat foto cakep buat pamer #teuteup.  Coba lah ambil video dan play videonya di gadget lu, lalu screen shoot dibagian yang elu rasa paling keceh.  Biasanya trik ini gw lakuin untuk foto underwater.

Oke, segitu dulu obrolan tentang Foto keceh buat pamernya.  Jika elu punya tips lain dan sudih menambahkan, silahkan tambahkan di kolom komen, nanti akan gw up-date dan tambahkan ke list diatas.  Terimaksih udah mampir.  Cium mesra.


No comments:

Post a Comment

POPULAR ENTRIES

Mama Bandaku

"Rezeki bisa berup a teman yang bisa dipercaya saat kita perlu menangis " Ini adalah hari kedua puluh dari traveling terlamak...